Contributors

Misteri dan Fakta dibalik Hipnosis

Misteri dan Fakta dibalik Hipnosis - Apa sebenarnya pengertian dari Hypnosis serta manfaatnya bagi kita? Hypnosis adalah sebuah tehnik yang biasa digunakan untuk memasuki dan menembus alam pikiran bawah sadar dari manusia secara cepat, sedangkan Hypnotist (hipnotis) adalah orang yang melakukan praktek Hypnosis. Istilah ini terlalu sering menjadi suatu hal yang tidak baik, bagi orang orang yang tidak memahaminya di Indonesia. Hypnosis sendiri dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti dibidang Clinical, Forensik, Stage Hypnosis dan masih banyak lagi. Di bidang Psikis, Hypnosis dapat dipergunakan untuk keperluan pemulihan trauma psikis, seprti phobia, ataupun stress yang tidak lazim seperti phobia ketinggian, ruang gelap dll.

Dibidang karir ataupun olah raga, Hypnosis dapat pula digunakan untuk pemrograman diri/pengembangan diri atau pun peningkatan dari segi prestasi, akan tetapi lain halnya di Indonesia yang baru sedikit yang memanfaatkan untuk keperluan tersebut ,malah hanya digunakan sebatas kepentingan hiburan dan penipuan.

Bagaimana Hypnosis bekerja pada kita? Hypnosis memanfaatkan alam pikiran bawah sadar manusia atau biasa disebut batin subliminal dari seorang manusia.  sering memakai istilah “ID" yaitu hasrat bawah sadar seseorang yang melandasi tingkah laku manusia. Pikiran bawah sadar memiliki sifat kekanak kanakan. Seseorang yang sedang berada dibawah pengaruh Hypnosis (biasanya disebut suyet) akan mengikuti perintah secara otomatis  kata demi kata orang yang menghipnotisnya. Jadi bila seseorang mendapat pertanyaan “Bolehkah saya mengetahui siapa nama kamu? Pada kondisi normal orang pasti akan langsung menyebutkan namanya, tetapi pada lain halnya seseorang yang berada dibawah pengaruh Hypnosis akan menjawab “ya” (jawaban yang sesuai dengan pertanyaan). Apakah manfaat hypnosis? Karena metode hypnosis dapat mempertajam dan memperkuat keinginan dan nilai dasar seseorang, maka hypnosis amat sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Pada saat kita memasuki keadaan hypnosis, kita akan lebih mudah untuk menerima sebuah sugesti, apalagi sugesti tersebut sesuai dengan keinginan dan nilai dasar dalam diri kita.

Apakah hypnosis itu jahat? Hypnosis adalah suatu alat atau metode, atau media, seperti halnya pisau yang dapat digunakan sebagai alat untuk mengiris buah atau untuk membunuh, Seperti juga halnya ilmu fisika, jika kita mampu mamanfaatkan secara benar dan tepat, kita dapat membuat pusat listrik tenaga nuklir, tetapi dapat juga kita membuat suatu bom atom. Semua hal jahat ataupun baik terletak pada pelakunya, bukan media yang dia gunakan.

 Apa keuntungan mengetahui dan mempelajari hypnosis? Hypnosis adalah suatu keadaan yang selalu dialami oleh hampir semua manusia setiap hari. Dengan hypnosis kita dapat melakukan pemberdayaan diri dalam meningkatkan performance, memberi kita motivasi secara maksimal, meningkatkan rasa percaya diri, juga dapat diterapkan dalam terapi seperti proses penyembuhan yang memerlukan sebuah motivasi kejiwaan.

 Hypnosis adalah seni komunikasi dan sugesti, dan sama sekali tidak sedikitpun mengandung unsur mistik atau magis, sehingga siapapun, tanpa syarat, asalkan mampu berkomunikasi dengan baik dan percaya pada dirinya, maka dia berpotensi untuk menjadi ahli di bidang hypnotisme. Menurut suatu sumber, hipnotis bisa dipelajari melalui guru-guru ilmu mistik, dengan cara inisiasi, mantera dan jampi khusus, atau ritual-ritual lainnya. Apakah hal ini benar? Memang banyak paranormal yang mengajarkan Hipnotis dengan metode semacam ini, akan tetapi pada dasarnya, sesungguhnya berbagai ritual tersebut hanya sekedar sebuah sugesti bagi mereka yang tidak percaya diri. Tanpa hal semacam ini pun, dengan melalui suatu prosedur komunikasi yang benar dan tepat, proses Hipnotis Dapat dilakukan!!!

Apakah setiap orang dapat dihipnotis dengan mudah seperti yang ditampilkan di layar televisi? Tentu saja tidak! Sugestivitas setiap orang berbeda beda. Demikian juga tingkat kedalaman atau “trance” seseorang tidaklah sama. Acara Stage Hypnotist di televisi telah dipersiapkan sedemikian rupa, terutama dengan memilih orang orang yang dapat dengan mudah dihipnotis dan dapat dengan cepat masuk ke tingkat “trance” yang dalam. Apakah dengan di-hypnosis berarti saya dikendalikan oleh seorang penghypnosis atau hypnotist? jawabannya adalah Tidak! Hypnosis tidak akan berlangsung tanpa keinginan atau bertentangan dengan nilai-nilai dasar orang yang akan dihypnosis. Sebaliknya,hypnosis memperkuat nilai dan keinginan orang yang akan dihipnosis. Apakah setiap orang dapat di-hypnosis? ya, dengan catatan Jika yang bersangkutan tidak menolak, mampu untuk fokus, memahami komunikasi dan terlebih lagi bila pandai bervisualisasi.

0 comments:

Post a Comment