Contributors

Misteri dan Fakta Aliran Kepercayaan Wicca

gudang-misteri
Misteri dan Fakta Aliran Kepercayaan Wicca - Wicca adalah sebuah aliran agama yang bisa dikatakan sebagai salah satu kepercayaan pertama manusia yang hidup dibumi. Seorang ahli bernama Dr.Margaret Murry telah mempelajari asal usul sihir dari zaman Paleolitikum, sekitar 25.000 tahun yang lalu. Manusia pada zaman itu, hidupnya bergantung terhadap hewan dan tumbuhan di sekitar mereka. kemudian kepercayaan animisme dikembangkan menjadi sebuah agama yang pertama. Animisme memandang fenomena alam roh sebagai sebuah kepercayaan yang erat didalamnya. Dewa dan Dewi, atau roh yang menguasai lautan, pegunungan, dan hewan yang diburu.

Wicca, merupakan aliran spiritual yang berasal dari Inggris, yang mengakui bahwa kedua unsur yaitu feminin dan maskulin terkait dengan Dewa-Dewi. Aliran ini meyakini bahwa alam adalah tempat suci yang harus dilindungi dan dijaga kelestariannya.

Wicca tidak mempunyai ideologi tetap, dalam keyakinan yang bervariasi. Namun pada umumnya, bahwa menjadi penganut Wicca mendapatkan akses hubungan dengan makhluk roh alam melalui acara perayaan yang tertera dalam kalender Wicca. Tidak ada larangan yang bersifat universal mengenai makanan, hubungan seks, tata cara penguburan dalam peraturan Wicca.

Penganut Wicca bisa menjadi seorang pengikut Kristen, Muslim,Yahudi, Tao, Buddha, Druid, atau agama dan kepercayaan apapun, Karena tidak ada larangan dalam agama Wicca tentang hal tersebut. Penganut "Kristen Wicca" mungkin menghadapi sikap skeptisisme terbesar, namun mengingat kisah sejarah dan realitas yang sedang berlangsung, mereka diduga mengalami penganiayaan (The Burning Times), atau pembantaian besar besaran dengan cara dibakar hidup hidup.

Wicca memiliki respek yang sangat dalam terhadap alam dan pengetahuan tertentu, dimana mereka meyakini bahwa kita tidak memiliki hak untuk mengeksploitasi alam untuk keuntungan sendiri. Ajaran Wicca sangat prihatin terhadap konservasi dan ekologi, misalnya dalam semua agama yang ada dikurun waktu Neo-Pagan. Agama Wicca meyakini, bahwa roh adalah esensi atau inti, yang setiap objek akan menghubungkannya dengan alam. Mitologi agama Wicca menyatakan, bahwa Wicca sudah eksis sejak zaman batu, dimana inspirasi dan tradisi mereka bersumber langsung dari para Dewa.

Wicca adalah salah satu tradisi asli bangsa Inggris, Irlandia ,Skotlandia, dan Wales, serta berkembang jauh sebelum 500 SM yang menandai awal dimulainya zaman besi. Beberapa Situs suci periode ini, diantaranya adalah Avebury/Silbury dan Stonehenge, yang merupakan sebuah peninggalan penting agama Wicca dalam kisah legenda kuno Inggris. Wicca telah menjadi agama yang diakui di wilayah Inggris selama kurang lebih hampir 1000 tahun, hingga tahun 1951.

Agama Wicca merupakan agama Neo-Pagan, berdasarkan tradisi dari Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia (masa pra-Kristen). Asal-usulnya bisa ditelusuri lebih jauh dalam masyarakat Paleolitikum, yang menyembah Dewa Pemburu dan Dewi Kesuburan. Sebuah lukisan telah ditemukan dalam gua di Perancis, yang diperkirakan berumur 30.000 tahun, menggambarkan wujud seorang pria dengan kepala rusa jantan, dan sosok seorang wanita dengan perut hamil. Mereka digambarkan sedang berdiri dalam lingkaran dengan sebelas manusia. Dengan adanya bukti tersebut, agama Wicca mungkin saja merupakan agama tertua di dunia.

0 comments:

Post a Comment